Senin, 05 Desember 2011

Mengenal Lebih Jauh Sosok Parlindungan

Parlindungan, kelahiran Pekanbaru, 31 Agustus 1980. Anak Bapak H. Ahmadi (alm) & Ibu Hj. Yusniani Lubis. Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR) tahun 2005 dan alumni Pascasarjana (S.2) UIR Hukum Bisnis, 2008-2009.


Anak Pertama dari tiga bersaudara. Saat ini sebagai Pembina Sanggar Lisendra Dua Terbilang UIR. Hingga akhir Agustus 2010, sudah 30 kali menyutradarai film, baik pendek, film panjang, dokumenter, dan biography, dan film profil. Sudah beberapa kali juga menyutradarai produksi teater visualisasi puisi dan musikalisasi puisi.

Peraih Juara Pertama Festival Film Pendek yang diselenggarakan Dewan Kesenian Riau tahun 2005, 2006, dan 2009. Dan pada 2008 meraih juara ketiga pada event yang serupa. Dalam produksi film, parlindungan sebagai sutradara, ide cerita, penulis skenario, kameramen, casting, peƱata lakon, dan editing.

Selain itu, beberapa kali memenangkan lomba karya tulis ilmiah, cerpen, naskah drama, kritik sastra, puisi, dan photography. Masing-masing adalah, juara pertama lomba karya tulis Media Indonesia–Metro Tv se-Riau tahun 2004, juara harapan lomba photography yang diselenggarakan oleh Wartawan Pemko Pekanbaru dalam rangka HUT Pekanbaru ke-221 tahun 2005.

Pada tahun 1992, saat Parlindungan duduk di bangku SD, saya pernah meraih juara ketiga lomba baca puisi se-Pekanbaru. Lalu Juara Pertama Lomba Penulisan Kritik Sastra Dinas Budsenipar Provinsi Riau se-Riau tahun 2006. Juara Pertama Lomba Karya Tulis Tingkat Wartawan Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional ke-42 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau se-Riau tahun 2006.

Lalu, Juara Ketiga Lomba Penulisan Artikel Tingkat Wartawan se-Riau Dalam Rangka HUT Provinsi Riau yang ke-50 tahun 2007, yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Pemprov Riau. Kemudian Juara Kedua Lomba Penulisan Cerita Pendek yang  diselenggarakan oleh Toko Buku Gramedia Pekanbaru dan Penerbit Gagasan Jakarta, tahun 2008.

Tidak itu saja, Juara Ketiga Lomba Penulisan Naskah Drama pada Laman Cipta Sastra DKR
Tingkat Nasional tahun 2008, dan prestasi membanggakan lainnya. Dulu juga sempat pernah meraih Anugerah Aktivis Kampus Kategori Karya Ilmiah & Perfilman tahun 2005 pada saat Wisuda Sarjana UIR ke-37. Selain itu juga pernah menerima Anugerah Seniman Kampus se-Riau yang diselenggarakan oleh LDT UIR tahun 2004.

Pengalaman pekerjaan, pada tahun 2000-2001 sebagai wartawan pada Surat Kabar Mingguan Pondasi. Tahun 2001-2008 sebagai Reporter di Radio Bharabas 97,5 FM Pekanbaru. Karena saya juara pertama lomba karya tulis yang diselenggarakan Media Indonesia - Metro Tv, saya dipercayakan sebagai wartawan pada Surat Kabar Harian Nasional Media Indonesia Biro Pekanbaru tahun 2004-2005. Kepala Biro Surat Kabar Mingguan Nasional Pemburu pada tahun 2003-2004. Selain itu, Kordinator Liputan (Korlip) Surat Kabar Dwi Mingguan Riau Editor tahun 2005–2006.


Sempat menjadi Pemimpin Redaksi Surat Kabar Dwi Mingguan Riau Editor tahun 2006. Dan dimulai tanggal 25 Juni 2008 sampai sekarang bekerja di situs berita www.RiauBisnis.com sebagai Chief Editor/Pimpinan Redaksi sekaligus sebagai Kepala Divisi Multi Media. Media ini sebagai anak perusahaan Riau Investment Corp (RIC). Sebelumnya sebagai Managing Editor/Redaktur Pelaksana situs berita www.RiauBisnis.com (2009-2010). Sejak 17 Maret 2014 hingga sekarang, saya dipromosikan menjadi Relationship Manager RIC.

Buku kumpulan sajaknya telah diterbitkan pada tahun 2004 lalu yang berjudul “Takkan” terbitan Yayasan Pusaka Riau. Kumpulan sajak antologi bersama “Belantara Kata” terbitan UIR Press tahun 2005. Kumpulan sajak antologi bersama 10 penyair pemula LDT UIR, terbitan Unri Press tahun 2008 berjudul “Berkata Kita”. Kemudian ada kumpulan cerita pendek berjudul “Bercerita Kita” tahun 2009.

Beberapa karya sastra Parlindungan berupa cerpen, puisi, kritik sastra, cerita rakyat Melayu, skenario film, dan esei sastra, pernah diterbitkan di sejumlah media cetak harian, media cetak mingguan, media online, dan majalah terkemuka di Riau. Film penulis yang berjudul “87”, “Sampai Mati”, “Atas Pilihan”, “Zainun”,  “Syair Daun Teh”, "Menanti Jawaban", "Hutan Buluhchina", dan "Hitam itu Aku", pernah ditayangkan/disiarkan di Riau Televisi Pekanbaru & Dumai dan TV Melayu, pada tahun 2006, 2007, 2008,  dan 2010.

Saya hobby menulis sejak duduk di bangku SLTP, yakni tahun 1993. Majalah dinding yang di sekolah, puisi saya tak pernah absen. Bahkan, puisi saya adalah puisi terbanyak yang terkumpul oleh sekolah dalam setahun. Saya hobby menulis berangkat dari keirian saya terhadap teman-teman saya di SLTP yang lebih dahulu bisa menulis puisi. Karena kemauan yang tinggi, justru, karya saya bisa lebih banyak diciptakan ketimbang sahabat-sahabat saya.

Dalam menulis, Parlindungan lebih kepada aliran kontemporer, tanpa berpangku kepada karya-karya sastra yang sudah ada sejak lama. Kebebasan menulis dan berkarya ada dalam pola pikir saya. Hobby menulis hingga saat ini masih saya lakukan.

Tidak saja puisi, cerpen, naskah drama, cerita rakyat, esei sastra, namun menulis opini tentang sosial, politik, budaya, ekonomi, dan karya tulis popular lainnya juga saya lakukan hingga saat ini. Terbukti, opini yang saya buat telah dimuat oleh sejumlah media cetak dan media online di Pekanbaru.

Saat ini saya memiliki seorang istri bernama Alna Karymunika, S.IP., M.Si. Saya menikah pada 26 juni 2009. Istri saya asli putri daerah, Melayu. Kelahiran Tanjung Balai Karimun, 11 Januari 1987. Dan istri saya sangat bangga dengan saya, karena dia terus mendukung hobby saya, menulis dan berkreativitas di berbagai bidang.

Yang terindah dalam hidup ini, tanggal 07 Maret 2010 lalu, saya dikaruniai seorang anak perempuan paling cantik, bernama “Dahayu Nareswari Parlin”. Dahayu sebagai "peluru tajam" saya untuk lebih semangat dalam hidup ini.***

Blog saya: http://www.parlinriau.blogspot.com/
http://maentertain.blogspot.com/
http://ldtuir.blogspot.com/

e-mail saya : parlindunganriau@gmail.com 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar